RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)
SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU DHARMA NUSANTARA JAKARTA
I.
IDENTITAS MATA
KULIAH:
Program Studi : Pendidikan
Agama Hindu
Mata Kuliah : Purana
Kode : PAH617116
Semester : 2
(Dua)
SKS : 3
Prasayarat :
-
Dosen Pengampu : I Ketut Angga Irawan, S.Ag.,M.Si
II.
CPL dan CPMK :
A.
CP. Sikap
|
No |
CPL |
CPMK |
|
1 |
Menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,
dan etika (1Ab) |
a.
Mampu menunjukan sikap santun dalam menjalankan tugas pembelajaran
pada kegiatan kelompok dan diskusi b.
Menunjukan sikap
saling menghargai dalam pembelajaran |
|
2 |
Menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau
temuan orisinal oranglain (1Ae) |
Mampu menghargai pendapat atau temuan orisinal orang lain |
|
3 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan
sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (1Af) |
a. berkontribusi dalam peningkatan
mutu dan kualitas diri dengan cara saling mengisi melalui interaksi dalam kelompok b. Menunjukan sikap ketulusan, komitmen dan kesungguhan hati
berinteraksi dalam kelompok |
|
4 |
Menunjukkan
sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (1Ai) |
a.
Menunjukkan
sikap bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas kelompok b.
Menginternalisasi semangat kemandirian |
|
5 |
Memperkuat
karakter dengan memanfaatkan nilai kearifan local (1Ak) |
Mampu memperkuat
karakter dengan memanfaatkan nilai kearifan local dalam pembelajaran |
B.
CP. Pengetahuan
|
No |
CPL |
CPMK |
|
1 |
Menguasai konsep dasar teoretik dan pengetahuan
dalam bidang ilmu pendidikan dan Agama Hindu (1Ba) |
Menguasai
konsep teoritik terkait pengertian, struktur, kosep, hakikat isi
purana dan mampu menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam
kehidupan sehari-hari serta menyampaikan ajaran tersebut kepada masyarakat. |
|
2 |
Menguasai konsep dasar pedagogi dan adragogi
serta pengetahuan bidang studi yang terkait dengan lingkup tugasnya sebagai
pendidik Agama Hindu (1Bb) |
Mampu menguasai
konsep dasar pedagogi dan adragogi serta pengetahuan yang terkait dengan
lingkup Kitab Purana |
C.
CP. Keterampilan
Umum
|
No |
CPL |
CPMK |
|
1 |
Mampu
menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi
ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai
humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (1Ca) |
a.
Mampu
menganalisis serta mengkritisi tentang hakikat, kosep Purana, pengelompokan
Kitab Purana dan pokok-pokok ajaran Purana b.
Mampu merumuskan pemikiran secara
logis mengkritisi tentang hakikat, kosep Purana,
pengelompokan Kitab Purana dan pokok-pokok ajaran Purana. c.
Mampu
mempresentasikan mengkritisi tentang hakikat, kosep Purana, pengelompokan
Kitab Purana dan pokok-pokok ajaran Purana (Brahma Widya, Atma Widya, Karmaphala,
Samsara dan Moksa) dan penerapan ajaran tata susila (etika) dalam Kitab Purana. |
D.
CP. Keterampilan
Khusus
|
No |
CPL |
CPMK |
|
1 |
Mampu menggali, mengelola dan
mengembangkan kearifan lokal dalam kegiatan pembelajaran (1Dg) |
Mampu
mengidentifikasi dimensi dan indikator kesusastraan Hindu yang
memuat mitologi, legenda dan kisah-kisah zaman dulu dalam mengembangkan kearifan lokal dalam kegiatan pembelajaran |
III.
DESKRIPSI MATA
KULIAH
Menjelaskan
tentang hakikat dan konsep Purana, pengelompokan Kitab Purana, dan pokok-pokok
ajaran Purana. Ketajaman penjelasan pokok-pokok ajaran Purana (Brahma Widya,
Atma Widya, Karmaphala, Samsara dan Moksa) dan penerapan ajaran tata susila
(etika) dalam Kitab Purana. Dasar etika dan moralitas (catur purusa artha,
catur warna, catur asrama, kedudukan wanita, Negara, pajak, perkawinan juga
menjadi pusat pengkajian dari mata kuliah ini.
IV.
RINCIAN KEGIATAN
PERKULIAHAN
|
Minggu/
Tatap Muka ke |
Capaian
Pembelajaran |
Bahan
Kajian/Materi Pokok/ Rincian Materi |
Kemampuan
Akhir yg
diharapkan |
Metode Pembelajaran |
Pengalaman
Belajar |
Alokasi
Waktu |
Asesmen |
Referensi |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
|
1 |
A1, 2,3,4,5 B1,2 C1 D1 |
1.1
Pengertian dan keutamaan Purana 1.2
Ruang lingkup dan jumlah kitab-kitab
Purana 1.3
Masa disusun dan penyusunan
kitab-kitab Purana |
Mahasiswa
mampu menjelaskan pengertian dan masa penyusunan Kitab Purana |
Inquiri/Discavery
Learning |
Mengidentifikasi
dan menganalisis pengertian dan masa
penyusunan Kitab Purana |
3
x 50 mnt (aktivitas kelas) |
Metode: Instrumen: |
Purana, Dr Imade Titib, Pustaka Mitra Jaya 2003 19 Kitab Purana |
|
2 |
A1, 2,3,4,5 B1,2 C1 D1 |
2.1
Hubungan Purana dengan kitab suci
Veda 2.2
Hubungan Purana dengan susastra
Hindu 2.3
Kedudukan Purana sebagai sumber
Hukum Hindu 2.4
Tujuan penyusunan kitab-kitab Purana |
Mahasiswa
mampu menjelaskan tentang kedudukan Purana dalam susastra Hindu |
Kooperatif Inquiri/Discavey
Learning |
Mengidentifikasi, menganalisis
dan mendiskusikan tentang kedudukan Purana dalam susastra Hindu |
3
x 50 mnt (aktivitas kelas) |
Metode: Instrumen: |
Purana, Dr Imade Titib, Pustaka Mitra Jaya 2003 19 Kitab Purana |
|
3 - 7 |
A1, 2,3,4,5 B1,2 C1 D1 |
3.1
Uraian ringkas kitab-kitab Maha
Purana 3.2
Upapurana selayang pandang 3.3
Panca dan dasa laksana 3.4
Tri Guna Purana (Brahma, Visnu dan
Siva) |
Mahasiswa
mampu menjelaskan tentang topik dan pengelompokan kitab-kitab Purana |
Kooperatif Inquiri/Discavey
Learning |
Mengidentifikasi, menganalisis
dan mendiskusikan tentang topik dan pengelompokan kitab-kitab Purana
|
15
x 50 mnt (aktivitas kelas) |
Metode: Instrumen: |
Purana, Dr Imade Titib, Pustaka Mitra Jaya 2003 19 Kitab Purana |
|
8 |
|
UTS |
|
|
|
|
|
|
|
9 - 15 |
A1, 2,3,4,5 B1,2 C1 D1 |
2.1 Sraddha
a.
Brahmavidya b.
Atmavidya c.
Karmaphala d.
Samsara e.
Moksa 2.2 Tata
Susila (Etika) a.
Dasar etika dan moralitas b.
Catur Purusa artha (empat tujuan
hidup manusia) c.
Catur Warna (empat Profesi Manusia) 2.3 Acara
agama a.
Sadacara b.
Tempat suci (tempat pemujaan) c.
Upacara Panca Yadnya d.
Tirtha Yatra e.
Hari raya atau hari suci Hindu f.
Sivaratri g.
Sarasvati |
Mahasiswa
Mampu menjelaskan tentang pokok-pokok ajaran Purana |
Kooperatif Inquiri/Discavey Learning |
Mengidentifikasi,
menganalisis dan mendiskusikan tentang
pokok-pokok ajaran Purana |
21
x 50 mnt (aktivitas kelas) |
Metode: Instrumen: |
Purana, Dr Imade Titib, Pustaka Mitra Jaya 2003 19 Kitab Purana |
|
16 |
|
UAS |
|
|
|
|
|
|
2
Penilaian (kriteria, indikator, bobot)
1.
Penilaian Proses (bobot 60 %)
a.
Sikap (mengacu
pada penjabaran deskripsi umum)
b.
Pengetahuan
(lisan, tertulis, kuis, penugasan)
c.
Keterampilan (Partisipasi dan aktivitas dalam proses pembelajaran,
Praktik)
2.
Penilaian Produk
(bobot 40 %)
a.
Ujian Tengah
Semester
b.
Ujian Akhir
Senester
3.
Acuan Penilaian
Kisaran
Skala
|
Skor Persentil |
Nilai Skala |
Nilai Huruf |
|
85,01 – 100,00 |
4,00 |
A |
|
80,01 – 85,00 |
3,75 |
A- |
|
75,01 – 80,00 |
3, 50 |
B+ |
|
70,01 – 75,00 |
3, 25 |
B |
|
65,01 – 70,00 |
3,00 |
B- |
|
60,01 – 65,00 |
2,75 |
C+ |
|
55,01 – 60,00 |
2,00 |
C |
|
40,01 – 55,00 |
1,00 |
D |
|
0 – 40,00 |
0,00 |
E |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar