Selasa, 25 Agustus 2020

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU DHARMA NUSANTARA JAKARTA

 

I.      IDENTITAS MATA KULIAH:

Program Studi                       : Pendidikan Agama Hindu

Mata Kuliah                          : Purana

Kode                                    : PAH617116

Semester                             : 2 (Dua)

SKS                                     : 3

Prasayarat                            : -

Dosen Pengampu                 : I Ketut Angga Irawan, S.Ag.,M.Si

 

II.    CPL dan CPMK             :     

A.   CP. Sikap

No

CPL

CPMK

1

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (1Ab)

a.       Mampu menunjukan sikap santun dalam menjalankan tugas pembelajaran pada kegiatan kelompok dan diskusi

b.       Menunjukan sikap  saling menghargai dalam pembelajaran

 

2

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal oranglain (1Ae)

Mampu menghargai  pendapat atau temuan orisinal orang lain

 

3

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (1Af)

a.       berkontribusi dalam peningkatan mutu dan kualitas diri dengan cara saling mengisi  melalui interaksi  dalam kelompok

b.       Menunjukan sikap ketulusan, komitmen dan kesungguhan hati berinteraksi dalam kelompok

 

4

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (1Ai)

a.       Menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas kelompok

b.       Menginternalisasi semangat kemandirian

 

5

Memperkuat karakter dengan memanfaatkan nilai kearifan local (1Ak)

Mampu memperkuat karakter dengan memanfaatkan nilai kearifan local  dalam pembelajaran

B.   CP. Pengetahuan

No

CPL

CPMK

1

Menguasai konsep dasar teoretik dan pengetahuan dalam bidang ilmu pendidikan dan Agama Hindu (1Ba)

Menguasai konsep teoritik terkait pengertian, struktur, kosep, hakikat isi purana dan mampu menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari serta menyampaikan ajaran tersebut kepada masyarakat.

 

2

Menguasai konsep dasar pedagogi dan adragogi serta pengetahuan bidang studi yang terkait dengan lingkup tugasnya sebagai pendidik Agama Hindu (1Bb)

 

Mampu menguasai konsep dasar pedagogi dan adragogi serta pengetahuan yang terkait dengan lingkup Kitab Purana  

 

C.   CP. Keterampilan Umum

No

CPL

CPMK

1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (1Ca)

a.      Mampu menganalisis serta mengkritisi  tentang hakikat, kosep Purana, pengelompokan Kitab Purana dan pokok-pokok ajaran Purana

b.      Mampu merumuskan pemikiran secara logis mengkritisi tentang hakikat, kosep Purana, pengelompokan Kitab Purana dan pokok-pokok ajaran Purana.

c.      Mampu mempresentasikan mengkritisi  tentang hakikat, kosep Purana, pengelompokan Kitab Purana dan pokok-pokok ajaran Purana (Brahma Widya, Atma Widya, Karmaphala, Samsara dan Moksa) dan penerapan ajaran tata susila (etika) dalam Kitab  Purana.

 

 

D.   CP. Keterampilan Khusus

No

CPL

CPMK

1

Mampu menggali, mengelola dan mengembangkan kearifan lokal dalam kegiatan pembelajaran (1Dg)

Mampu mengidentifikasi dimensi dan indikator kesusastraan Hindu yang memuat mitologi, legenda dan kisah-kisah zaman dulu dalam  mengembangkan kearifan lokal dalam kegiatan pembelajaran

 

 

 

 

III.  DESKRIPSI MATA KULIAH

Menjelaskan tentang hakikat dan konsep Purana, pengelompokan Kitab Purana, dan pokok-pokok ajaran Purana. Ketajaman penjelasan pokok-pokok ajaran Purana (Brahma Widya, Atma Widya, Karmaphala, Samsara dan Moksa) dan penerapan ajaran tata susila (etika) dalam Kitab Purana. Dasar etika dan moralitas (catur purusa artha, catur warna, catur asrama, kedudukan wanita, Negara, pajak, perkawinan juga menjadi pusat pengkajian dari mata kuliah ini.

 

IV. RINCIAN KEGIATAN PERKULIAHAN

Minggu/ Tatap Muka ke

Capaian Pembelajaran

Bahan Kajian/Materi Pokok/ Rincian Materi

Kemampuan Akhir yg diharapkan

Metode

Pembelajaran

Pengalaman Belajar

Alokasi Waktu

Asesmen

Referensi

1

2

3

4

5

6

7

8

9

1

A1, 2,3,4,5

B1,2

C1

D1

1.1   Pengertian dan keutamaan Purana

1.2   Ruang lingkup dan jumlah kitab-kitab Purana

1.3   Masa disusun dan penyusunan kitab-kitab Purana

 

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian dan masa penyusunan Kitab Purana

Inquiri/Discavery

Learning

Mengidentifikasi dan menganalisis pengertian dan masa penyusunan Kitab Purana

3 x 50 mnt (aktivitas kelas)

 

 

Metode:

 

Instrumen:

 

Purana, Dr Imade Titib, Pustaka Mitra Jaya 2003

 

19 Kitab Purana

2

A1, 2,3,4,5

B1,2

C1

D1

2.1   Hubungan Purana dengan kitab suci Veda

2.2   Hubungan Purana dengan susastra Hindu

2.3   Kedudukan Purana sebagai sumber Hukum Hindu

2.4   Tujuan penyusunan kitab-kitab Purana

 

 

 

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang kedudukan Purana dalam susastra Hindu

 

Kooperatif

Inquiri/Discavey Learning

Mengidentifikasi, menganalisis dan mendiskusikan tentang kedudukan Purana dalam susastra Hindu

3 x 50 mnt (aktivitas kelas)

 

Metode:

 

Instrumen:

 

Purana, Dr Imade Titib, Pustaka Mitra Jaya 2003

 

19 Kitab Purana

3 - 7

 

A1, 2,3,4,5

B1,2

C1

D1

3.1   Uraian ringkas kitab-kitab Maha Purana

3.2   Upapurana selayang pandang

3.3   Panca dan dasa laksana

3.4   Tri Guna Purana (Brahma, Visnu dan Siva)

 

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang topik dan pengelompokan kitab-kitab Purana

Kooperatif

Inquiri/Discavey Learning

Mengidentifikasi, menganalisis dan mendiskusikan tentang topik dan pengelompokan kitab-kitab Purana

15 x 50 mnt (aktivitas kelas)

 

Metode:

 

Instrumen:

 

Purana, Dr Imade Titib, Pustaka Mitra Jaya 2003

 

19 Kitab Purana

8

 

UTS

 

 

 

 

 

 

 

9 - 15

A1, 2,3,4,5

B1,2

C1

D1

2.1     Sraddha

a.       Brahmavidya

b.       Atmavidya

c.       Karmaphala

d.       Samsara

e.       Moksa

 

2.2     Tata Susila (Etika)

a.       Dasar etika dan moralitas

b.       Catur Purusa artha (empat tujuan hidup manusia)

c.       Catur Warna (empat Profesi Manusia)

2.3     Acara agama

a.       Sadacara

b.       Tempat suci (tempat pemujaan)

c.       Upacara Panca Yadnya

d.       Tirtha Yatra

e.       Hari raya atau hari suci Hindu

f.        Sivaratri

g.       Sarasvati

 

Mahasiswa Mampu menjelaskan tentang pokok-pokok ajaran Purana

 

 

Kooperatif

Inquiri/Discavey Learning

Mengidentifikasi, menganalisis dan mendiskusikan tentang pokok-pokok ajaran Purana

 

21 x 50 mnt (aktivitas kelas)

 

Metode:

 

Instrumen:

 

Purana, Dr Imade Titib, Pustaka Mitra Jaya 2003

 

19 Kitab Purana

16

 

UAS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2           Penilaian (kriteria, indikator, bobot)

1.       Penilaian Proses (bobot 60 %)

a.       Sikap (mengacu pada penjabaran deskripsi umum)

b.       Pengetahuan (lisan, tertulis, kuis, penugasan)

c.       Keterampilan (Partisipasi dan aktivitas dalam proses pembelajaran, Praktik)

 

2.       Penilaian Produk (bobot 40 %)

a.       Ujian Tengah Semester   

b.       Ujian Akhir Senester

 

 

 

3.       Acuan Penilaian

Kisaran Skala

Skor Persentil

Nilai Skala

Nilai Huruf

85,01 – 100,00

4,00

A

80,01 – 85,00

3,75

A-

75,01 – 80,00

3, 50

B+

70,01 – 75,00

3, 25

B

65,01 – 70,00

3,00

B-

60,01 – 65,00

2,75

C+

55,01 – 60,00

2,00

C

40,01 – 55,00

1,00

D

0 – 40,00

0,00

E

                           

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar