SILABUS
SEKOLAH
TINGGI AGAMA HINDU DHARMA NUSANTARA JAKARTA
I.
IDENTITAS MATA
KULIAH
Prodi Studi : Pendidikan Agama Hindu
Mata Kuliah : Purana
Kode :
PAH617116
Semester :
2 (Dua)
SKS :
3
Prasayarat :
-
Dosen Pengampu :
I Ketut Angga Irawan, S.Ag.,M.Si
II.
CPL dan CPMK :
A.
CP. Sikap
|
No |
CPL |
CPMK |
|
1 |
Menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,
dan etika (1Ab) |
a.
Mampu menunjukan sikap santun dalam menjalankan tugas pembelajaran pada
kegiatan kelompok dan diskusi b.
Menunjukan sikap
saling menghargai dalam pembelajaran |
|
2 |
Menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau
temuan orisinal oranglain (1Ae) |
Mampu menghargai pendapat atau temuan orisinal orang lain |
|
3 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan
sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (1Af) |
a. berkontribusi dalam peningkatan
mutu dan kualitas diri dengan cara saling mengisi melalui interaksi dalam kelompok b. Menunjukan sikap ketulusan, komitmen dan kesungguhan hati
berinteraksi dalam kelompok |
|
4 |
Menunjukkan
sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (1Ai) |
a.
Menunjukkan
sikap bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas kelompok b.
Menginternalisasi semangat kemandirian |
|
5 |
Memperkuat
karakter dengan memanfaatkan nilai kearifan local (1Ak) |
Mampu memperkuat
karakter dengan memanfaatkan nilai kearifan local dalam pembelajaran |
B.
CP. Pengetahuan
|
No |
CPL |
CPMK |
|
1 |
Menguasai konsep dasar teoretik dan pengetahuan
dalam bidang ilmu pendidikan dan Agama Hindu (1Ba) |
Menguasai
konsep teoritik terkait pengertian, struktur, kosep, hakikat isi
purana dan mampu menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam
kehidupan sehari-hari serta menyampaikan ajaran tersebut kepada masyarakat. |
|
2 |
Menguasai konsep dasar pedagogi dan adragogi
serta pengetahuan bidang studi yang terkait dengan lingkup tugasnya sebagai
pendidik Agama Hindu (1Bb) |
Mampu menguasai
konsep dasar pedagogi dan adragogi serta pengetahuan yang terkait dengan
lingkup Kitab Purana |
C.
CP. Keterampilan
Umum
|
No |
CPL |
CPMK |
|
1 |
Mampu
menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi
ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai
humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (1Ca) |
a.
Mampu
menganalisis serta mengkritisi tentang hakikat, kosep Purana, pengelompokan
Kitab Purana dan pokok-pokok ajaran Purana b.
Mampu merumuskan pemikiran secara
logis mengkritisi tentang
hakikat, kosep Purana, pengelompokan Kitab Purana dan pokok-pokok ajaran
Purana. c.
Mampu
mempresentasikan mengkritisi tentang hakikat, kosep Purana, pengelompokan
Kitab Purana dan pokok-pokok ajaran Purana (Brahma Widya, Atma Widya,
Karmaphala, Samsara dan Moksa) dan penerapan ajaran tata susila (etika) dalam
Kitab Purana. |
.CP. Keterampilan
Khusus
|
No |
CPL |
CPMK |
|
1 |
Mampu menggali, mengelola dan
mengembangkan kearifan lokal dalam kegiatan pembelajaran (1Dg) |
Mampu mengidentifikasi
dimensi dan indikator kesusastraan Hindu yang memuat
mitologi, legenda dan kisah-kisah zaman dulu dalam mengembangkan kearifan lokal dalam kegiatan pembelajaran |
III.
DESKRIPSI MATA
KULIAH:
Menjelaskan
tentang hakikat dan konsep Purana, pengelompokan Kitab Purana, dan pokok-pokok
ajaran Purana. Ketajaman penjelasan pokok-pokok ajaran Purana (Brahma Widya,
Atma Widya, Karmaphala, Samsara dan Moksa) dan penerapan ajaran tata susila
(etika) dalam Kitab Purana. Dasar etika dan moralitas (catur purusa artha,
catur warna, catur asrama, kedudukan wanita, Negara, pajak, perkawinan juga
menjadi pusat pengkajian dari mata kuliah ini.
IV.
GARIS BESAR
RENCANAAN PEMBELAJARAN (GBRP)
|
No |
Capaian Pembelajaran |
Indikator
Pencapaian CP (kemampuan
akhir yg ingin dicapai) |
Bahan
Kajian/Materi Pokok Pembelajaran |
|
1 |
A1, 2,3,4,5 B1,2 C1 D1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian dan masa
penyusunan Kitab Purana |
1.1
Pengertian dan keutamaan Purana 1.2
Ruang lingkup dan jumlah kitab-kitab
Purana 1.3
Masa disusun dan penyusunan kitab-kitab
Purana |
|
2 |
A1, 2,3,4,5 B1,2 C1 D1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang kedudukan Purana
dalam susastra Hindu |
2.1
Hubungan Purana dengan kitab suci
Veda 2.2
Hubungan Purana dengan susastra
Hindu 2.3
Kedudukan Purana sebagai sumber
Hukum Hindu 2.4
Tujuan penyusunan kitab-kitab Purana |
|
3 |
A1, 2,3,4,5 B1,2 C1 D1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang topic dan
pengelompokan kitab-kitab Purana |
3.1
Uraian ringkas kitab-kitab Maha
Purana 3.2
Upapurana selayang pandang 3.3
Panca dan dasa laksana 3.4
Tri Guna Purana (Brahma, Visnu dan
Siva) |
|
4 |
A1, 2,3,4,5 B1,2 C1 D1 |
Mahasiswa Mampu menjelaskan tentang pokok-pokok
ajaran Purana |
4.1 Sraddha
a.
Brahmavidya b.
Atmavidya c.
Karmaphala d.
Samsara e.
Moksa 4.2 Tata
Susila (Etika) a.
Dasar etika dan moralitas b.
Catur Purusa artha (empat tujuan
hidup manusia) c.
Catur Warna (empat Profesi Manusia) 4.3 Acara
agama a.
Sadacara b.
Tempat suci (tempat pemujaan) c.
Upacara Panca Yadnya d.
Tirtha Yatra e.
Hari raya atau hari suci Hindu f.
Sivaratri g.
Sarasvati |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar